NEWS UPDATE :  

Sejarah

Sejarah

365

Singkat Berdirinya Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pangkalpinang


Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pangkalpinang didirikan pada tahun 1967 dengan Bapak Basumi Zakaria sebagai salah satu pendirinya. Beliau saat itu menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Agama Pangkalpinang waktu itu masih dibwahi oleh Propinsi Sumatera Selatan yang ibukotanya Palembang.Gedungnya yang mulai semi permanen, beratap genteng dan berdinding papan di atas tanah wakaf masyarakat setempat.

Atas swadaya berupa sumbangan masyarakat sekitar dan pihak-pihak lainnya, seiring dengan pertambahan usianya, yakni mamasuki usia 2 atau 3 tahun madrasah ini telah memiliki jumlah ruang yang semakin bertambah sekitar 3 (tiga) lokal dengan jumlah siswa kurang lebih 100 orang. Meskipun demikian waktu pembelajarannya dilaksanakan pada pagi dan sore hari karena ruang belajar yang sangat terbatas.


Sejak didirikan pada tahun 1967 sampai sekarang, madrasah ini telah dipimpin 14 (tiga belas) orang kepala sekolah, antara lain :
1. Drs. Agung Nanang (PNS Depag Kotamadya Pangkalpinang) menjabat
    sekitar 2 (dua) tahun dengan jumlah siswa 17 orang.    
2. M. Agus Deratif menjabat sekitar 2 (dua) tahun dengan jumlah siswa
    sebanyak 100 orang .
3. H. Mukri menjabat sekitar 3 (tiga) tahun dan mulai merintis status 
    madrasah dari swasta menjadi negeri, yakni Madrasah Ibtidaiyah
    Negeri 1Pangkalpinang dan diasuh oleh 5 (lima) guru yang berstatus
    PNS ditambah dengan gunu honor.
4. Selanjutnya, sampai sekarang Kepala Madrasah  MIN 1 Pangkalpinang 
    secara berturut-turut dijabat oleh : Suhaimi Suud,  M. Toha, Abdul
    Latif, Daliyem, Armi Rosda, Marsudin, Senaidi,S.Ag, Soliah, A.Md, Asat,
    S.Ag, Samsidar, S.Pd.I, dan Roswita, S.Ag Sampai Periode sekarang.


Berdasarkan hasil penilaian yang dilaksanakan oleh Badan Akreditasi Nasional, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Pangkalpinang terakreditasi dengan kriteria B.

Sesuai dengan perkembangan zaman dan dengan pergantian kepemimpinan  dari setiap periode maka terdapat berbagai perubahan yang telah dilakukan, baik dari segi tenaga administrasi, guru, siswa maupun terkait dengan sarana dan prasarana yang ditujukan untuk pengembangan madrasah maupun peningkatan mutu pendidikan.

Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Pangkalpinang memiliki komitmen penerapan keimanan dan ketaqwaan dalam konteks agama Islam, mengupayakan untuk membawa peserta didik menjadi manusia yang berilmu pengetahuan, berwawasan luas, terampil, berakhlaq mulia, dan menjunjung tinggi etika dan moral.

Search